beritaGo.com
 
 
   
 
 
Tutup Iklan
ads
 

Benarkah Investor Semen di Pati Bisa Atasi Permasalahan Lingkungan?

Benarkah Investor Semen di Pati Bisa Atasi Permasalahan Lingkungan?

 
azzam
2016-06-26 11:00:48
azzam Ekonomi 0 388
 
 
Benarkah Investor Semen di Pati Bisa Atasi Permasalahan Lingkungan?

Benarkah Investor Semen di Pati Bisa Atasi Permasalahan Lingkungan?

 

Berita Ekonomi Pilihan

 
 
 
 
 

 Investasi yang masuk ke Kabupaten Pati, Jawa Tengah dalam beberapa tahun terakhir begitu signifikan.  Ditambah lagi produsen besar semen di Indonesia pun berusaha masuk ke Kabupaten Pati.  

Namun demikian berbagai kendala masih menjadi problem tersendiri, dikarenakan masyarakat Pati yang terimbas pabrik semen nantinya, masih belum bisa menerima berbagai argumentasi dari pabrik semen.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Pati haruslah memberikan arahan agar investasi semen tetap memperhatikan aspek keseimbangan lingkungan.  Hal itu sesuai dengan kebijakan umum Pemkab dalam meningkatkan pemanfaatan potensi, energi dan sumber daya mineral secara lestari. 

 

Bupati Pati, Haryanto mengklaim bahwa Pemkab Pati punya  program Basahi PatiSelatan. Yaitu  dengan pembangunan embung, waduk, saluran irigasi dan sarana pendukung lainnya sebagai upaya peningkatan produksi pertanian Pati.

 

Hal itu disampaikannya pada saat menghadiri seminar investasi di Pasar Unggulan Pragola Pati, Senin (25/4/16).  

 

“Pengelolaan sumber daya air yang ada dengan pembangunan embung, waduk dan saluran irigasi lainnya sangat diperlukan di Pati bagian selatan,” katanya.

 

Sementara itu Dirut PT. Indocement, Christian Kartawijaya yang juga sebagai keynote speaker dalam seminar tersebut, juga mengatakan hal yang sama. Pihaknya berjanji akan komitmen untuk mengurangi emisi karbondioksida. Dia juga mengklaim bahwa Indocement menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang berhasil menyelesaikan proyek Mekansime Pembangunan Bersih (CDM) berupa proyek bahan bakar serta bahan baku alternatif untuk mengurangi emisi karbon.

 

“Langkah nyata Indocement yaitu telah berhasil mengurangi emisi ini, telah diakui oleh dunia internasional dan mendapatkan Certified Emission Reduction yang disertifikasi oleh PBB. Prestasi tersebut menjadikan Indocement perusahaan pertama di Asia Tenggara yang menerima CER pada 2005 lalu,” jelasnya.

 

Christian juga menambahkan bahwa Indocement telah menerapkan nilai ambang batas debu sebesar 60 mg per meter kubik untuk seluruh kompleks pabriknya. Angka ini 25% lebih rendah dibandingkan dengan standar yang ditetapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup yaitu 80 mg per meter kubik. 

 

"Selain itu penggunaan bahan bakar alternatif yang saat dominan di Indocement, sukses menurunkan emisi CO2. Bahan bakar alternatif tersebut adalah cangkang sawit dan serbuk gergaji yang dianggap sebagai CO2-neutral," tambahnya.

 

Peningkatan industri yang ramah lingkungan juga dilakukan oleh Indocement secara berkesinambungan dalam pengembangan energi terbarukan berupa penanaman tanaman energi seperti Kemiri Sunan, Jarak Pagar dan King Grass di lahan ex-tambang.

 

"Untuk teknologinya kami  menggunakan Flue Gas Desulfurization (FGD) yang  mampu mengurangi emisi SOx menjadi kurang dari 100 miligram per meter kubik. Angka ini hanya 13% dari ketentuan yang berlaku untuk nilai ambang batas baku mutu SOx yaitu 750 miligram per meter kubik.

 

“Upaya pengurangan emisi yang signifikan juga dilakukan di proses transportasi semen. Sebagai perbandingan, emisi CO2 yang dihasilkan oleh truk sebagai alat angkut adalah sebesar 41,0 kg CO2 per ton semen," bebernya.

Emisi tersebut dapat dikurangi sangat signifikan, karena dengan penggunaan kereta api hanya 4,2 kg CO2 per ton semen. Hanya 10% dari emisi CO2 yang dihasilkan truk.

 
 
 

Promoted Stories

Lainnya

 
 

Komentar Sedulur

   Belum ada komentar dari sedulur beritaGo.

  Tulis Komentar

   Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
 

Komentar Facebook

   
image

beritago.com merupakan portal berita dan informasi yang mengusung konsep "social media journalism", yakni dimana masyarakat dapat ikut menjadi kontributor informasi serta menggunakan portal beritaGo.com dengan bertanggungjawab dan sesuai dengan ketentuan penggunaan yang telah ditetapkan,

Informasi dan Kerjasama

  •   contact@beritaGo.com
  •  08123456789 / 024-123456
  •  indiego inti corpora ltd
   
 
 
Copyright 2016 beritaGo by indiego inti corpora. Social Media Journalism and Social Broadcasting System. All Rights Reserved.

Local Straight News , Aggreggate Content dan Social Media Journalism oleh beritaGo.com
Copyright 2014-2016 All Rights Reserved. beritaGo.com is a registered trademark of indiego inti corpora
Jawa Tengah, Indonesia.

Tutup Iklan