beritaGo.com
 
 
   
 
 
Tutup Iklan
ads
 

Produk Handmade Lokal Dianaktirikan

Produk Handmade Lokal Dianaktirikan

 
ratna ayu
2016-02-05 14:14:19
ratna ayu Ekonomi 0 274
 
 
Produk Handmade Lokal Dianaktirikan

Produk Handmade Lokal Dianaktirikan

 

Berita Ekonomi Pilihan

 
 
 
 
 

Meskipun pemerintah telah jor-joran mengangkat reputasi produk unggulan. Namun rupanya produk tersebut masih minim apresiasi di tanah airnya. Minimnya pembeli lokal yang mau membeli produk karya pengrajin lokal.

Sovilia Kang salah satu pengrajin aksesoris asal Pati yang mengeluhkan sulitnya memasarkan produknya di Pati. "Kalau saya lebih memilih memasarkan di luar kota, kalau di Pati sulit." Keluhnya

Kerajinan tangan meskipun biaya produknya relatif murah, namun ide untuk mengembangkan produknya lah yang menjadikan produk tersebut layak untuk dihargai lebih. "Ada sih yang beli, tapi saya kok kurang sreg untuk jual di Pati. Karena disini masih belum bisa menghargai hasil kerajinan tangan." Ujar ibu tiga orang anak ini. 

Untuk membuat satu produk kerajinan tangan biasanya cukup menguras waktu dan tenaga. Proses pengerjaannya sendiri sebagian besar menggunakan tangan dan alat seadanya. Sehingga produk handmade kualitasnya lebih baik dan modelnya tidak dapat dibuat ulang. Ide yang dikeluarkan untuk membuat satu model saja harus melalui bermacam metode. Berbeda dengan bikinan pabrikan. Hal tersebutlah yang membuat produk handmade dibandrol dengan harga yang tidak murah.

Vivi mengaku gusar jika produknya dihargai dengan harga yang tidak sepantasnya. Dia lebih memilih untuk memasarkan produknya di negara-negara yang menghargai produk handmade seperti Jepang, Australia atau Singapura. "Maunya itu ya minta kualitas bagus dengan harga yang murah. Mana ada, itu semuanya handmade lho. Saya sih lebih memilih jualnya di luar Pati. Bahkan produk saya sudah ada yang diekspor," tutupnya.

 
 
 

Promoted Stories

Lainnya

 
 

Komentar Sedulur

   Belum ada komentar dari sedulur beritaGo.

  Tulis Komentar

   Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
 

Komentar Facebook

   
image

beritago.com merupakan portal berita dan informasi yang mengusung konsep "social media journalism", yakni dimana masyarakat dapat ikut menjadi kontributor informasi serta menggunakan portal beritaGo.com dengan bertanggungjawab dan sesuai dengan ketentuan penggunaan yang telah ditetapkan,

Informasi dan Kerjasama

  •   contact@beritaGo.com
  •  08123456789 / 024-123456
  •  indiego inti corpora ltd
   
 
 
Copyright 2016 beritaGo by indiego inti corpora. Social Media Journalism and Social Broadcasting System. All Rights Reserved.

Local Straight News , Aggreggate Content dan Social Media Journalism oleh beritaGo.com
Copyright 2014-2016 All Rights Reserved. beritaGo.com is a registered trademark of indiego inti corpora
Jawa Tengah, Indonesia.

Tutup Iklan